Hindari 6 Penyakit Urine yang Berefect Fatal Bagi Kesehatan

Hindari 6 Penyakit Urine yang Berefect Fatal Bagi Kesehatan

Sistem drainase kemih (urinaria) terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Sebagai saluran pengasingan urine, rentan terhadap sekian banyak  infeksi dan masalah lain.

Masalah-masalah yang terjadi lazimnya ditandai dengan evolusi warna urine. Berikut ini 6 masalah yang dapat terjadi pada sistem urinaria!



1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK lebih tidak jarang terjadi pada perempuan dibanding pria. ISK terjadi saat bakteri masuk ke drainase kemih dan memprovokasi uretra, kandung kemih, bahkan ginjal. Berdasarkan keterangan dari American Urological Association, di Amerika Serikat masing-masing tahunnya ada selama 8,1 juta orang merasakan ISK.

2. Inkontinensia

Ini pun adalahpenyakit umum lainnya dari sistem urinaria. Penyakit ini ialah masalah penurunan kontrol dalam berkemih. Biasanya pada perempuan terjadi desakan yang tidak jarang untuk berkemih dan kebocoran urin. Pada lelaki terjadi pembesaran prostat yang menciptakan pria tidak jarang buang air kecil di malam hari dan tidak tuntas.

3. Interstisial cystitis (IC)

IC ialah kondisi kronis kandung kemih, khususnya pada wanita. Berdasarkan keterangan dari Mayo Clinic, penyakit ini mengakibatkan nyeri dan desakan pada kandung kemih dan panggul. Ini dapat menciptakan jaringan parut kandung kemih dan kandung kemih menjadi tidak cukup elastis, bahkan tidak sedikit orang merasakan cacat pada epitelium (lapisan pelindung kandung kemih).

4. Prostatitis

Prostatitis ialah pembengkakan kelenjar prostat (hanya terjadi pada pria). Penyakit ini sering diakibatkan oleh umur lanjut, frekuensi kencing, nyeri panggul dan nyeri saat buang air kecil.

5. Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk saat bahan kimia dalam urin menyusun massa padat. Ini mengakibatkan rasa sakit di punggung dan samping, bahkan darah di dalam urine.

6. Gagal ginjal

Gagal ginjal dapat menjadi penyakit yang sedangkan atau dapat menjadi kronis yang mengakibatkan ketidakmampuan ginjal menyaring limbah dari darah. Penyakit ini bisa membaik seiring masa-masa dengan pengobatan, namun andai menjadi ginjal kronis, mungkin membutuhkan perawatan dialisis bahkan transplantasi ginjal.

Itulah 6 penyakit masalah sistem drainase kemih. Apabila anda mengalami keluhan-keluhan laksana nyeri pinggang atau punggung, nyeri saat buang air kecil, demam, mual muntah, atau urine berdarah, usahakan segera periksakan diri ke dokter. Peka dan segera kerjakan penanganan yang tepat sebelum menjadi penyakit yang lebih serius.

0 Response to "Hindari 6 Penyakit Urine yang Berefect Fatal Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel